Home / Hukum & Kriminal / Politik

Jumat, 3 November 2023 - 19:39 WIB

Isu Miring Polisi Datangi Kantor Parpol, Kapolres : Untuk Jamin Keamanan Jelang Pemilu 2024

Kapolres Pasuruan Kota AKBP Makung Ismoyo Jati

PASURUAN, titiksatu.com – Kedatangan polisi ke kantor Partai Politik (Parpol) diyakinkan untuk menjalankan pengamanan. Hal ini ditegaskan Kapolres Pasuruan Kota AKBP Makung Ismoyo Jati menanggapi isu miring yang berkembang belakangan terakhir.

Menurut Kapolres, kunjungan ke kantor Parpol merupakan bagian operasi Mantap Brata Pemilu 2024. Dalam operasi tersebut, salah satu satgas yang dibentuk adalah satgas prevenftif.

Satgas itu, memiliki tugas yang salah satunya adalah melaksanakan pengamanan di kantor parpol. “Pengamanan yang dilakukan itu salah satu caranya pengaturan patroli di lokasi tersebut. Patroli yang dilakukan dengan tiga kegiatan yaitu berjalan, berhenti dan berbicara,” ungkap Makung-sapaan Kapolres.

Baca Juga  Gus Ham, Sosok "Kuda Hitam" yang Siap Bertarung Dalam Pilkada Kabupaten Pasuruan 2024. Jangan Disepelekan

Disampaikan dia, apa yang dilakukan anggotanya itu adalah bagian patroli dialogis. Tujuannya adalah ingin memberi sosialisasi, edukasi dan mendapatkan masukan.

“Kira kira apa yang perlu kami siapkan untuk mengamankan lingkungan partai politik sehingga setiap kegiatan di kantor parpol dapat berjalan dengan aman,” jelasnya.

Jangan sampai, kurangnya mitigasi memicu munculnya pihak yang tidak bertanggung jawab melakukan perbuatan pidana atau kejahatan. Kehadiran petugas kepolisian, adalah untuk memberikan rasa aman bagi parpol.

Baca Juga  Eks Kepala BPKPD Pasuruan Duduk Dikursi Pesakitan Atas Dugaan Pemotongan Dana Insentif Pegawai

“Kami merencanakan untuk mengunjungi semua kantor Parpol sebagai langkah patroli dialogis,” beber dia.

Menurut Kapolres, sudah ada empat kantor parpol yang dikunjungi. Dua yang hanya berdialog karena ada perwakilan di kantornya, PDIP dan PPP. Sedangkan dua parpol lainnya , Demokrat dan Golkar tidak ada dialog karena memang saat anggota ke kantornya tidak ada perwakilan di sana.

Namun dengan berkembangnya isu yang sekarang, pihaknya akan melakukan evaluasi terlebih dahulu apakah kegiatan tersebut diteruskan atau tidak.

Baca Juga  Kursi Jabatan Dirombak, Ini Daftar Pejabat Baru Di Lingkungan Pemkab Pasuruan. Awas Jangan Keliru..!!

“Atau cara bertindak yang diubah. Nanti akan kami evaluasi. Tapi, yang perlu dipahami bersama, ini tidak ada maksud dan tujuan lain selain menjaga kondusifitas,” tuturnya.

Sekali lagi, Kapolres berpesan, mendekati tahun politik semua pihak harus menanggapi dinamika yang ada dengan kepala dingin dan jangan mudah terpancing.

“Mari jaga kondusifitas wilayah agar Pemilu bisa berjalan aman, damai dan tenang tanpa ada gejolak. Mari bijak dan jangan mudah terprovokasi,” ajaknya. (and/rif)

Share :

Baca Juga

Hukum & Kriminal

Tergiur Motor Murah, Ternyata Barang Curian, Lelaki Ini Diamankan

Politik

Tak Terbukti, BK Pilih Stop Aduan Format Soal Overlaping Tentang Tambang

Hukum & Kriminal

Babak Baru Dugaan Pungli Pasar Cheng Hoo, Polisi Lakukan Pengusutan
Solid : Knator Bea cukai dan Pemkab Pasuruan Musnakan Rokok Ilegal

Berita

Jutaan Rokok Tanpa Cukai Dimusnakan

Hukum & Kriminal

Terperosok ke Sungai, Nasib Lelaki Ini Berakhir Miris

Hukum & Kriminal

Esepsi Andrias, si Bos Tambang Dinilai JPU Tak Layak Diterima

Hukum & Kriminal

PORTAL Ancam Lapor Presiden Jika Kawasan Lindung Wonosunyo Tetap Ditambang

Berita

Anwar Sadad: SMAN 1 Taruna Madani Jangan Sampai Mereduksi Hak-hak Masyarakat Bangil