Home / Berita

Kamis, 22 Februari 2024 - 18:21 WIB

Gelar TMMD ke 119 Pj Bupati Minta TNI Polri dan Pemda Bersinergi

Sinergi : PJ Bupati Andriyanto bersama TNI Polri gelar pembukaan TMMD di Lapangan A. Yani Grati, Kab Pasuruan

Sinergi : PJ Bupati Andriyanto bersama TNI Polri gelar pembukaan TMMD di Lapangan A. Yani Grati, Kab Pasuruan

Pasuruan, titiksatu.com- Pemerintah Deerah Kabupaten Pasuruan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (BAKESBANGPOL) menggelar apel pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 di Lapangan Grati, Kabupaten Pasuruan.

Dalam apel itu Penjabat (Pj.) Bupati Pasuruan, Andriyanto mengatakan, semua harus ikut mendukung program ini dan berpartisipasi aktif di dalamnya. Terutama masyarakat yang menjadi sasaran kegiatan dengan saling menumbuhkan rasa saling memiliki dan menjaga hasil pekerjaan ke depannya.

Topik TMMD kali ini dengan tema “Darma Bhakti TMMD Mewujudkan Percepatan di Wilayah”, program untuk meratakan pembangunan sebagai wujud meningkatkan kesejahteraan nagi masyarakat, bukan hanya itu, rasa solidaritas dan gotong royong untuk saling membantu agar lebih perduli terhadap sesama, Eddy Supriyanto kepala Bakesbangpol mengatakan, apel ini merupakan langkah dalam meningkatkan pembangunan didesa sehingga mobilitas ekonomi terus bergerak naik.

Baca Juga  Waris, Wakaf, Hibah dan Wasiat Sering Jadi Polemik. Mahasiswa Unmer Pasuruan Berikan Solusi

“Giat ini merupakan upaya pemerintah dan TNI dalam memabangun desa, agar masyarakat lebih sejahtera,^ujar Eddy.
Disisi lain, Andriyanto PJ Bupati memgatakan ini merupakan upaya untuk meningkatkan dan melengkapi sarana sosial. Sekaligus membentuk dan meningkatkan pemahaman masyarakat dalam rangka menumbuhkan kesadaran masyarakat.

Dalam pelaksanannya nanti, program TMMD dilakukan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat di lokasi yang merupakan sasaran TMMD. Pemilihan sasaran berdasarkan skala prioritas yang sebelumnya telah diteliti untuk kemudian dipadukan dengan program Pemerintah Daerah.

“Kemudian dari perpaduan tersebut dibahas dalam forum DPRD untuk disahkan menjadi program TMMD,” urai Andriyanto dalam pidatonya.

Baca Juga  Kursi Jabatan Dirombak, Ini Daftar Pejabat Baru Di Lingkungan Pemkab Pasuruan. Awas Jangan Keliru..!!

Seremonial yang digelar di Lapangan A. Yani, Kecamatan Grati tersebut dihadiri perwakilan Forkopimda dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga unsur TNI, Polri, Kamtibmas. Tidak terkecuali diikuti oleh mahasiswa dan peajar yang juga turut-serta dalam upacara.

Setidaknya terdapat 2 sasaran dalam TMMD tahun ini. Masing-masing, sasaran fisik dan sasaran non-fisik. Sasaran fisik yang nantinya akan dibangun diharapkan dapat mendorong pertumbuhan usaha-usaha masyarakat dalam bidang perekonomian, meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mendukung pemerintah dalam pemerataan pembangunan sekaligus pengentasan kemiskinan.

“Sasaran non fisik yang dilaksanakan, diharapkan dapat mendorong tumbuhnya kreatifitas masyarakat dalam mengangkat kualitas kehidupan ke arah yang lebih baik, maju, sejahtera dan mandiri,” jelasnya.

Selain itu, hal lain yang dapat dimunculkan dari TMMD adalah peningkatan kesadaran masyarakat yang tertib hukum, menstimulasi kreativitas dalam menciptakan ekonomi kreatif. Serta memberikan kesadaran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca Juga  Tuntun Motor Orang, Dicat, Bawa ke Ladang, Eh…Ketahuan

Andriyanto berharap, jajaran TNI agar senantiasa menjaga hubungan baik. Baik dengan aparat Kepolisian, Pemerintah Daerah maupun Dinas terkait, Aparat Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama hingga Tokoh Adat.

“Pelihara hubungan yang sudah berjalan baik selama ini antara aparat TNI beserta jajarannya dengan Polri, Pemda maupun Dinas/Instansi terkait, Aparat Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat sehingga kemanunggalan TNI-Rakyat semakin tangguh,” pungkasnya.

Selepas upacara, bersama Dandim 0819 Letkol Arh. Noor Ishak beserta rombongan, Pj. Bupati Andriyanto menanam bibit pohon. Kemudian dilanjutkan meninjau lokasi TMMD di Desa Kalipang. (And/rif)

Share :

Baca Juga

Berita

Kompak Edarkan Pil Koplo, Tiga Sekawan Diringkus

Berita

Pembatalan Sertifikat Redistribusi Tanah Tambaksari, Tidak Adil Untuk Masyarakat 

Berita

Tersandung DD dan ADD, Kades dan Bendahara Kemirisewu Dijebloskan ke Tahanan
Rilis : Kapolres AKBP Bayu Pratama Gubunagi sampaikan rapat evaluasi kerja Polres Pasuruan

Berita

Wow…Keren Angka Kejahatan Dipasuruan Alami Penurunan 23 Persen.

Berita

Maksimalkan Bakat WP, Lapas Ngawi Jalin Kerjasama dengan BLK
Direktur Pusaka Lujeng Sudarto bersama Kasi Intel Kejari Bangil

Berita

Lujeng Sudarto Desak Kejari Bangil Tangkap Aktor Mafia Tanah.

Berita

Kaca Kantor UPT Pasar Poncol Dipecah, Wawali “Marah”
Orasi : Warga dari 6 Desa melakukan aksi disepan PT. Satoria, Kejayan, Kabupaten Pasuruan

Berita

Tak Betah Dicekoki Limbah, Warga dari 6 Desa Luruk PT. Satoria,