Home / Ekonomi

Sabtu, 10 Desember 2022 - 09:45 WIB

Perusahaan Dijual, Puluhan Buruh Pabrik Seafood di PIER Jadi Korban PHK

BERJUANG : Buruh PT Louisiana Far East mendirikan tenda sebagai bentuk perjuangan menuntut hak.

REMBANG, titiksatu.com – Puluhan buruh PT Louisiana Far East menjadi korban PHK. Mirisnya, PHK tersebut tidak disertai dengan pesangon yang sesuai.

Hal ini, membuat para buruh memperjuangkan haknya. Mereka memilih mendirikan tenda. Sebagai bentuk protes atas kebijakan perusahaan.

Mujiono, ketua unit kerja FSPMI PT Louisiana Far East di kawasan PIER menjelaskan, pabrik seafood tersebut mem-PHK ia dan rekan-rekannya sejak Juli 2022. Pemicunya, adanya perubahan manajemen pada perusahaan. Usai perusahaan ekspor tersebut, diambil alih oleh buyer lain.

Baca Juga  Wow...! Kabupaten Pasuruan Jadi Penyumbang Bea dan Cukai Terbesar di Indonesia, Segini "Persenan" Yang Didapatkan Tahun 2023

Tak kurang dari 67 karyawan di-PHK. Dari buruh produksi, administrasi hingga security. “Tidak ada angin tidak ada hujan, kami di-PHK. Semuanya diganti dengan karyawan baru,” ungkapnya kecewa.

Baca Juga  Pemandian Banyubiru Belum Bisa Dibuka, PAD pun Susah

Pasca PHK itu, pihak perusahaan hanya memberi pesangon 3 kali upah. Hal itu dinilainya tak sesuai. Sehingga, protes diajukan. Sempat mediasi dijalankan. Namun, tak membawa arti apa-apa. Karena, pesangon yang diberiktan, tak naik signifikan. Bahkan, jauh dari perundang-undangan.

“Pesangon hanya berubah sedikit. Untuk masa kerja yang di bawah 20 tahun, mendapatkan 5 kali upah. Sementara yang diatas 20 tahun, mendapat 6 kali upah. Ini tidak sesuai,” sampainya.

Baca Juga  Sakit Ambien, Pekerja Salon Meninggal

Hal inilah yang akhirnya mendorong ia dan rekan-rekannya menggelar unjuk rasa. Mereka mendirikan tenda di depan perusahaan. Aksi itu, dilangsungkan sejak Senin (5/12). “Kami hanya ingin dipekerjakan kembali,” paparnya. (and/rif)

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Pesta Rakyat Simpedes Pandaan 2023, Sukses Sedot 20 Ribu Pengunjung

Ekonomi

Direksi dan Dewan Komisaris PT Pegadaian Dirombak. Ini Nama-nama Pejabat Pegadaian yang Baru

Ekonomi

Viralkan!! Ayam Geprek Ini Bikin Konsumennya Mau Nambah Lagi

Ekonomi

Wow…! Kabupaten Pasuruan Jadi Penyumbang Bea dan Cukai Terbesar di Indonesia, Segini “Persenan” Yang Didapatkan Tahun 2023

Ekonomi

Beli Rumah Hanya Rp 80 Juta, Bukan Lagi Sebuah Mimpi. Bos Properti Asal Pasuruan Siap Bantu Mewujudkannya

Ekonomi

Pesta Rakyat Simpedes (PRS) Pandaan 2023: Seni, Budaya, dan Edukasi Keuangan Digital Bersama BRI
Diresmikan : Ketua DPRD kunjungi Pojok UKM dan melihat hasil produksi kerajinan tangan Kabupaten Pasuruan

Berita

Ketua DPRD Resmikan Pojok UKM Sebagai Ajang Promosi Usaha Mikro

Ekonomi

Bangun Stand Sedap Malam, Disperindag Siapkan Rp 150 Juta