Home / Lainnya

Rabu, 14 Juni 2023 - 17:37 WIB

Jaga keamanan Jelang Pilkada dan Pilpres  Kesbangpol  Ajak  Team Pakem.

 

Pasuruan, titiksatu.com – Upaya dalam menjaga ketertiban dan kondusifitas pilkada dan pilpres terus dilakukan. Karena itu, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pasuruan bersama  aliran kepercayaan dan  aliran Keagamaan melakukan rapat koordinasi yang dilakukan di gedung lettu Imam Adi lantai III,  Komplek Perkantoran Raci.
Rabu (14/6) siang.

Kewaspadaan ditingkat horizontal harus dilakukan, hal itu  untuk menciptakan kemanan ditingkat bawah saat menjelang pilpres dan pilkada nanti. Kajari Bangil melalui kasi intelRoy Ardiyan Nur Cahya mengatakan kolaborasi keamanan sara dengan t<span;>eam pakem adalah upaya untuk mencegah konflik sejak dini. Maka diperlukan informasi dini, itu dapat dilakukan dengan menggandeng masyarakat. Team pakem  harus menjalin hubungan baik dengan masyarakat dan mampu meredam konflik apalagi terkait sara,  Sehingga kami lebih mudah melakukan antisipasi secara dini. “Peran masyarakat harus kita libatkan, kita harus merapatkan barisan dalam menjelang pemilu dan pilpres ini, sehingga konflik sara ini dapat dilakukan penanganan dan peyelesian secara muyawarah atau restorasi justice. Ini dilakukan sebagai langkah agar tidak terjadi konflik yang berkepanjangan.

Baca Juga  Dua Kandidat Bacabup Pasuruan Tereliminasi, Gus Mujib Terima Rekom DPP PKB

 

Rapat, team pakem lakukan koordinasi di gedung lettu imam adi, Bakesbangpol, Raci, Bangil

Rapat, team pakem lakukan koordinasi di gedung lettu imam adi, Bakesbangpol, Raci, Bangil.

Ia menambahkan, aliran atau kepercayaan jangan sampai terprovokasi terkait sara, kemudian team pakem juga harus melawan berita hoax yang menyesatkan, kewaspadaan perlu ditingkatkan,  jangan sampai  teprovokasi  dan ikut ikutan.

Baca Juga  10 Cara Menghilangkan Kecanduan Seks (Aman dan Nyaman)

Ditempat yang sama ketua Majelis Ulama Indonesia  KH. H Nurul Huda. Banyak aliran yang ada diwilayah kabupaten Pasuruan, oleh karena itu jaga keamanan. Tiap wilayah atau daerah ditingkat terendah dalam melakukan pengawasan harus terus dilakukan secara intens, jangan sampai timbul isu sara dan memcah konflik  “Melibatkan RT dan RW dalam melakukan pengawasan itu lebih efesian, mereka lebih dekat dilingkungannya dan lebih tahu,” ujar ketua MUI.

Pria yang akrab dipanggil Kyai Huda ini  mengaharapkan adanya toleransi antar umat beragama “Menghargai agama orang lain dan meningkatkan moderasi atar umat beragama harus dilakukan, karena itu cerminan bangsa indonesia,”ujar Kyai Huda.

Kepala Bakesbangpol Drs. Eddi Supriyanto, MM,  mengatakan  <span;>Kita mengundang dari semua perwakilan agama
<span;>Aliran kepercayaan, kami tidak mencapur adukkan antar agama tetapi ini untuk menjaga kemanan dan moderasi antar umat beragama, sehingga tidak timbul penistaan agama dan menyesatkan dan meyimpang dari ajaran.

Baca Juga  Beri Wawasan Kebangsaan, Legislatif Ini Malah Disambati Jalan dan Pekerjaan

“Dalam meningkatkan kemanan, masyarakat harus mampu memberikan informasi kepada pihak-pihak terkait jika ada orang atau orfaisasi yang merembet ke penistaan agama, sehingga menciptakan keamanan yang tifak kondusif dalam pilkada. Tidak hanya itu,  jika masyarakat melihat aliran baru jangan melakukan tindakan terlebih dahulu “Saya menghimbau masyarakat jika ada permasalahan sara maka jangan main hakim sendiri,
komunikasikan terlebih dahulu kepada pihak pihak tekait dan diberikan dan akan kami berikan  pengarahan yang baik dan benar,” tegas Eddy.<span;> (and/rif).

Share :

Baca Juga

Lainnya

Lainnya

Lobak Mampu Redakan Nyeri Asam Urat?
Solid : Knator Bea cukai dan Pemkab Pasuruan Musnakan Rokok Ilegal

Berita

Jutaan Rokok Tanpa Cukai Dimusnakan
Pidato : Direktur RSUD Grati Drg. Dyah Retno Lestari

Lainnya

Mantab…RSUD Grati Buat Gedung Baru Untuk Tingkatkan Pelayanan.
Teks Foto : Kuasa Hukum Deby Sahlan SH, MH dan Rekan lakukan pres rilis didepan Pengadilan Negeri Kota Pasurian.

Lainnya

Lakukan Praperadilan Merk, Pelapor dan Polresta Pasuruan Mangkir
Seru : Para Player Mobile Legends dan PUBGM seriusi turnamen di pesta rakyat candra wilwatikta

Lainnya

Ekosistem Esport Kabupaten Pasuruan Ramaikan Pesta Rakyat di Candra Wilwatikta.

Lainnya

Dies Natalis Unmer Pasuruan ke 39 Sebagai Ajang Mengasah Prestasi Mahasiswa

Lainnya

Bikin Simpatik, Ini yang Dilakukan Polres Pasuruan Terhadap Korban Bencana Cianjur