Home / Pendidikan

Minggu, 27 Maret 2022 - 06:36 WIB

Bikin Salut! Begini Cara Unmer Pasuruan, CJI dan ikatan Alumni Faperta Dalam Menjaga Kelestarian Alam

TANAM : Kolaborasi bareng dalam giat penanaman pohon di Krajan, Desa Palangsari, Kecamatan Puspo.

PASURUAN,titiksatu.com – Alam memberi kehidupan. Karenanya, menjadi tanggung jawab bersama untuk menjaganya.

Komitmen untuk menjaga kelestarian alam itu, ditunjukkan Unmer Pasuruan dengan giat penanaman pohon. Berkolaborasi dengan PT. Cheil Jedang Indonesia (CJI) dan Ikatan Alumni Fakultas Pertanian Unmer Pasuruan, sebanyak seribu bibit pohon ditanam.

Penanaman itu dilangsungkan di Dusun Krajan, Desa Palangsari, Kecamatan Puspo. Ada beragam bibit pohon yang ditanam. Bibit-bibit tanaman produktif dipilih untuk memberi manfaat besar kepada masyarakat. Ada pohon durian, nangka hingga alpukat.

Menurut Faiq, Presiden Mahasiswa (presma) Unmer Pasuruan, penanaman pohon ini ditujukan dalam upaya menjaga lingkungan. Dengan menjalin kerjasama bareng CJI, diharapkan mampu meningkat kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan.

Baca Juga  Hebat..!!, Usai KY, Giliran Bawaslu Kota Yang Digandeng Unmer Pasuruan

“Kami melibatkan semua fakultas, serta alumni dalam penanaman pohon ini. Kami memilih tempat di sini, karena merupakan wilayah resapan air. Harapannya, mampu mengurangi bencana banjir dan tanah longsor,” timpal Faiq dalam kegiatan penanaman pohon yang dilangsungkan Sabtu (26/3).

Di sisi lain, Humas CJI Pasuruan, Imron Gunawan mengatakan, penanaman pohon tersebut, merupakan upaya dalam menjaga ekosistem serta mampu menjaga daerah resapan air. “Kegiatan ini, rutin kami lakukan, di sejumlah wilayah di Kabupaten Pasuruan. Seperti yang diketahui, wilayah Rejoso ataupun Grati menjadi daerah yang sering terdampak banjir. Dengan penanaman pohon ini diharapkan mampu meminimalisir dampak bencana, serta mampu mengatasi dampak kekeringan,” tandas Imron.

Baca Juga  Keren !!!...Unmer Pasuruan Gandeng Komisi Yudisial, Siap Cetak Lulusan Berkualitas

Imron berharap, kegiatan penanaman tersebut, mahasiswa mampu menjadi duta lingkungan. Serta mengajak masyarakat untuk lebih perduli dan mampu merawat hutan. Sehingga lingkungan sekitar tetap terjaga.

Wakil Rektor I yang merangkap Wakil Rektor III, M Mashuri, SH, MH Mengucapkan, Terima kasih kepada Cheil Jedang dan stake holder atas Jalinan hubungan kerjasama dengan Universitas Merdeka Pasurian (fakuktas Pertanian) yang sudah bersama sama guna mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi..kali ini yang dilakukan dengan melakukan penanaman pohon di desa kecamatan puspo kabupaten pasuruan sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat dan bentuk peduli kepada lingkungan guna melestarikan dan menghijaukan kembali daerah yang sudah mulai mengalami satu cara untuk dapat menanggulangi kekeringan dan mengurangi resiko bencana alam adalah banyak menanam pepohonan, hal ini sebagaimana yang kita tahu bahwa salah satu fungsi pohon adalah mnyerap dan kemudian menyimpan air di dalam akarnya.

Baca Juga  Ngeri...Gadis SMP Kelas 3 Di Bangil Ini Disetubuhi Teman Sendiri. Kini Sampai Depresi

Ia menambahkan, Suatu saat air yang tersimpan di bawah akar pohon akan menjadi cadangan air pada saat musim kemarau dan kekuatan akar pohon dapat mengantisipasi terjadinya longsor.

“Upaya PT. CJI dan Ikatan Alumni Fakultas Pertanian  dalam melestarikan lingkungan perlu terus di-support. saya berharap mahasiswa kedepan mampu mengajak masyarakat dan menjadi duta lingkungan,” harapnya. (rif/*)

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Baru Lima Tahun Dibangun, Plafon SDN Kalirejo Jebol. Kok Bisa?

Pendidikan

Kado Istimewa 1 Abad NU, STAIPANA Bertransformasi Jadi IAINU. Bukti NU Bangil Wujudkan Perkembangan Peradaban

Pendidikan

Hebat..!!, Usai KY, Giliran Bawaslu Kota Yang Digandeng Unmer Pasuruan
Kompak : Dipora dan DPRD serta Muspika bersinergi tingatkan ekosistem esport di Balai Desa Rembang

Berita

Dispora Dan DPRD Bersinergi Tingkatkan Ekosistem Esport Di Kabupaten Pasuruan

Berita

Ponpes di Rembang Ini, Didatangi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Ada Apa?

Pendidikan

Sejumlah Atap Sekolah di Pasuruan Jebol, Kurang Perhatian?

Berita

Kelakuan Para ABG Bikin Miris, Pesta Miras Bersama Gadis-gadis

Pendidikan

Begini Cara Lain Alumni SMANBA Protes Pendirian Taruna Madani, Asli Keren…!!!