Home / Berita / Lainnya

Sabtu, 29 Januari 2022 - 10:47 WIB

Waspadai DBD Dimusim Hujan

Pasuruan, titiksatu.com – Pada Saat Musim hujan saat ini,  Pemerintah Kabupaten Pasuruan menghimbau masyarakat agar mewaspadai penyakit demam berdarah.

Pasalnya, pada musim hujan banyak genang air yang dibuat sarang nyamuk, sehingga  penyebaran demam berdarah dengue (DBD) sangat cepat di musim penghujan.

Kepala Dinas Kabupaten Pasuruan, dr Ani Latifah mengatakan, mulai awal januari hingga hari ini, jumlah kasus demam berdarah di Kabupaten Pasuruan sudah mencapai 17 kasus. Meski tak ada laporan kematian, namun kewaspadaan sangat penting untuk dilakukan sebagai langkah antisipatif.

“Saat musim hujan perlu kita perlu waspada, jangan sampai ada genang air sehingga jadi sarang jentik nyamuk demam berdarah  di sekitar tempat tinggal,” kata Ani

Karena itu  pemberantasan sarang nyamuk di sekitar tempat tinggal,  Serta melaksanakan 5 M, yakni menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air dan mengubur barang bekas yang berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk, serta membuang kaleng bekas dan memasukkan ikan cupang atau bubuk abate ke dalam setiap genangan air.

Memurutnya, berbagai upaya yang dilakukan Dinkes Kabupaten Pasuruan telah dilakukan. Yakni meminta kader jumantik untuk segera bergerak mengawasi penyebaran jentik-jentik nyamuk demam berdarah di sekitar lingkungan RT/RW masing-masing.

“Masyarakat harus terus mengontrol lingkungannya jangan  ada genangan air terjadi. Jaga kebersihan di sekitar tempat tinggal, dan cuaca seperti ini harus dalam kondisi kesehatan yang tetap terjaga. Makan yang bergizi, olahraga dan istirahat cukup,”pungkas Ani. (rie/rif)

Share :

Baca Juga

Berita

Dua Komplotan Begal Modus “Aniaya Adik” Diringkus
Pelepasan : Resmi KPU Lakukan Pengiriman surat suara ke 24 Kecamatan

Berita

KPU Resmi Distribusikan Surat Suara Ke 24 Kecamatan

Lainnya

Tak Ada Angin dan Hujan. Apalagi Gempa. Atap Pendopo Desa Sumberglagah Ambruk. Kok Bisa?

Berita

Pecah Ban, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Pasuruan Kecelakaan

Berita

Jor-joran, Pemkab Siapkan Rp 75 Miliar untuk Dua Gedung Baru di Raci

Lainnya

Pulang Dari Yogyakarta, Bus Pariwisata Hangus Tinggal Kerangka. Penumpang Nangis Histeris

Berita

Pihak PT RMS Bantah Perusahaan Rokoknya Ilegal dan Tak Berpita Cukai

Berita

Sumur Kering Diklaim Imbas Pabrik Ale-ale, Warga Ngadu ke Dewan