Home / Ekonomi

Rabu, 30 Agustus 2023 - 21:43 WIB

Pesta Rakyat Simpedes Pandaan 2023, Sukses Sedot 20 Ribu Pengunjung

SEMARAK : Salah satu kegiatan PRS 2023 di TCW Pandaan yang cukup menyedot animo masyarakat 

PASURUAN, titiksatu.com – Bank Rakyat Indonesia (Tbk) terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan dan kesuksesan UMKM. Berbagai cara dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut.

Salah satunya dengan kegiatan Pesta Rakyat Simpedes. Beberapa kota menjadi tempat penyelenggaraan Pesta Rakyat Simpedes 2023 ini. Termasuk di Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, yang menjadi kota ketiga PRS utama yang sukses digelar BRI.

Event yang dihelat 26-27 Agustus 2023 itu, cukup menyedot perhatian masyarakat. Sekitar 20 ribu warga Pandaan, Pasuruan dan sekitarnya berbondong-bondong mengikuti semarak PRS 2023 di Taman Candra Wilwatikta (TCW) Pandaan itu.

Menariknya, 150 UMKM binaan BRI unggulan di Jawa Timur, tak mau ketinggalan untuk memeriahkan acara. Program ini diharapkan, menjadi ajang edukasi bagi para UMKM dan pengunjung yang hadir dalam literasi keuangan dan bisnis, dan pelayanan utuh bagi nasabah BRI.

Baca Juga  Uang Pungli, Untuk Mencicil Mobil

Sebagai salah satu pilar perekonomian nasional, UMKM terus diberikan pendampingan dalam menjalankan bisnisnya. Melalui PRS ini selain diberikan pasar, UMKM juga diberikan pendampingan edukasi secara konsisten dan berkelanjutan lewat program Kelas UMKM yang digelar dua hari di Pandaan.

“Fokus kami dalam pengembangan UMKM tentu bukan melalui pendanaan saja. Pendampingan edukasi secara konsisten dan berkelanjutan harus terus dilaksanakan oleh BRI sebagai bentuk tanggung jawab dan komitmen untuk dukung perekonomian lokal hingga nasional. Kami harap melalui kegiatan ini, UMKM bisa terus mendapatkan peluang bisnis sehingga bis terus tumbuh dan berkembang,” ungkap Direktur Utama BRI, Sunarso.

Rangkaian PRS 2023, diawali dengan edukasi digital. Kegiatan tersebut dilakukan di pasar-pasar tradisional yang tersebar di wilayah Pasuruan. Setidaknya, ada 5 pasar tradisional yang disasar pada 21 hingga 25 Agustus 2023.

BRI berhasil akuisisi dana sebesar Rp 218,2 Miliar dari pembukaan rekening sebanyak 14.011 rekening. Selain itu pengaktifan BRImo sebanyak 8.771 user dan akuisisi QRIS sebanyak 4.818 QRIS.

Baca Juga  Bangun Stand Sedap Malam, Disperindag Siapkan Rp 150 Juta

PRS 2023 juga terus mengedukasi masyarakat yang hadir untuk selalu menggunakan QRIS dalam setiap transaksi.

“Sebagai bentuk untuk mendukung pemerintah dalam pembayaran cashless, BRI menerapkan sistem cashless dalam seluruh kegiatan Pesta Rakyat Simpedes. Masyarakat yang hadir wajib memiliki BRImo dan melakukan pembayaran Rp.1,- untuk masuk ke dalam area PRS 2023. Pengunjung juga wajib bertransaksi menggunakan QRIS BRI dan apabila melakukan 1 kali transaksi, bisa mendapatkan manfaat untuk potong rambut gratis, nail art, dan bermain Virtual Reality (VR)”, papar RCEO BRI Regional Office Malang, Mochammad Suratin.

Bukan hanya fokus pada pemberdayaan UMKM. Untuk semakin menyemarakkan acara, ada pentas seni dan budaya yang disajikan dalam PRS Pandaan 2023 ini.

Selain itu, ada 500 peserta pawai budaya. Meliputi marching band, parade fashion, pertunjukan reog, parade budaya antar desa hingga pagelaran wayang turut meriahkan kegiatan PRS 2023.

Baca Juga  Kembali Deadlock, Dewan Sarankan Pengelolaan Afalan PT King Jim Dikembalikan ke Desa

Musisi lokal hingga nasional juga turut memeriahkan acara. Seperti OM Sera, OM New Palappa, Inul Daratista, Iksan Skuter, Via Vallen, Gigi, Repvblik, hingga Slank.

Disisi lain, banyak aneka promo di booth UMKM yang dapat dinikmati pengunjung. Serta, terdapat cek kesehatan gratis, sembako gratis, kelas UMKM, berbagai perlombaan, wahana permainan anak, perlombaan e-sport hingga panen hadiah juga meriahkan PRS di Pandaan.

Pesta Rakyat Simpedes akan digelar di 20 kota dan 362 titik di seluruh Indonesia. Kegiatan ini dapat dilihat secara langsung melalui Kompas TV dan kanal Youtube Bank BRI. Titik selanjutnya yang akan disambangi adalah Makassar pada bulan September mendatang. Kegiatan ini diharapkan mampu mendorong perekonomian lokal dan pelayanan yang utuh bagi nasabah BRI.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi www.pestarakyatsimpedes.com atau melalui Instagram Bank BRI @bankbri_id dan website bbri.id/PRS2023. (and/rif/*)

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Kerap Jadi Jujukan Demo, PIER Dinilai Tak Lagi Nyaman untuk Berinvestasi

Ekonomi

Direksi dan Dewan Komisaris PT Pegadaian Dirombak. Ini Nama-nama Pejabat Pegadaian yang Baru
Diresmikan : Ketua DPRD kunjungi Pojok UKM dan melihat hasil produksi kerajinan tangan Kabupaten Pasuruan

Berita

Ketua DPRD Resmikan Pojok UKM Sebagai Ajang Promosi Usaha Mikro

Ekonomi

Dua Tim Voli Jadi Jawara Indomaret Poinku Volley Ball Tournament 2022, Ini Harapan Bupati

Ekonomi

Bisa Hantam IHT, Misbakhun Minta Pemerintah Bijak Keluarkan Aturan

Ekonomi

Bangun Stand Sedap Malam, Disperindag Siapkan Rp 150 Juta

Ekonomi

Prihatin Minyak Goreng Tinggi, Ini Cara Ketua Dewan Menyikapi. Asli, Bikin Kagum!

Ekonomi

Wow…! Kabupaten Pasuruan Jadi Penyumbang Bea dan Cukai Terbesar di Indonesia, Segini “Persenan” Yang Didapatkan Tahun 2023