Home / Lainnya

Rabu, 24 April 2024 - 19:35 WIB

Gelar Manasik Haji, Ribuan Calon Jemaah Haji Padati Bangkodir Bangil

Teks Foto : pemkab dan kemenag gelar manasik haji di Bangkodir, Pogar, Kec Bangil, Kab Pasuruan

Teks Foto : pemkab dan kemenag gelar manasik haji di Bangkodir, Pogar, Kec Bangil, Kab Pasuruan

Pasuruan,titiksatu.com– Ribuan calon haji dari Kabupaten Pasuruan mengikuti manasik haji massal di Dome Bangkodir (Bangil Kota Bordir), Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Rabu (24-4-2024) pagi. Acara yang digelar selama dua hari ini bertujuan untuk membekali para jamaah dengan pengetahuan dan persiapan yang matang sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Manasik haji massal ini diadakan dengan mengingat semakin dekatnya jadwal keberangkatan haji. Musim haji dijadwalkan dimulai pada bulan depan.

Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan, Syaikhul Hadi, terdapat 1.391 jamaah haji asal Kabupaten Pasuruan yang akan berangkat tahun ini. Namun, jumlah peserta manasik haji massal mencapai 1.465 orang.

“Hal ini dikarenakan ada jamaah dari luar Kabupaten Pasuruan yang ikut manasik di sini,” jelas Syaikhul Hadi kepada wartawan ini.

Selama dua hari manasik, para jamaah mendapatkan tiga materi penting, yaitu Kebijakan haji antara Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi, Kesehatan haji dan Tata cara manasik haji. Diharapkan dengan mengikuti manasik haji massal ini, seluruh jamaah dapat berangkat dengan lancar dan kembali dengan predikat haji mabrur.

Momen spesial terjadi saat Pelaksana Jabatan (Pj) Bupati Pasuruan, Andriyanto, yang tengah melaksanakan ibadah umroh, menyapa para jamaah melalui sambungan seluler. Andriyanto memberikan beberapa tips penting untuk kelancaran pelaksanaan ibadah haji.

Pertama, Andriyanto menekankan pentingnya menjaga rasa bahagia selama berhaji. Menurutnya, kebahagiaan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat ibadah terasa lebih ringan.

“Haji itu panggilan Allah SWT. Jadi buatlah semuanya jadi senang, karena kalau sudah bahagia, mau ke mana atau melakukan apa saja jatuhnya ikhlas dan senang,” pesannya.

Kedua, Andriyanto mengingatkan para jamaah untuk menjaga kesehatan fisik. Ibadah haji membutuhkan stamina yang prima, sehingga jamaah diharapkan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat.

“Selama beribadah tentu perlu fisik yang prima, karena banyak energi yang akan terkuras ketika melakukan rukun haji. Biasakan olahraga, asupan makanan harus sehat dan perbanyak air putih dan vitamin juga,” tutupnya. (bt/rif)

Share :

Baca Juga

Lainnya

Asah Kemampuan Atlet E-Sport, Ini Cara ESI Kabupaten Pasuruan
Menyesal : Tiga Bandar Narkoba Asal Bangil Dibekuk Satreskoba Polres Pasuruan

Lainnya

Tiga Bandar Sabu Asal Bangil Dijbloskan Penjara.

Lainnya

5 Cara Mengatasi Gatal Akibat Diabetes

Lainnya

Hmmm…! Kecelakaan Kereta Api Semakin Meningkat, PT KAI Beberkan Pemicunya

Lainnya

Minim Sosialisasi, Forum Pamong Kebudayaan Curigai Ada yang Disembunyikan Dari Perda Pelestarian Seni dan Budaya

Lainnya

7 Mitos dan Fakta Tentang Pola Makan Bagi Diabetes

Lainnya

Mundur Jadi Calon Kepala Desa, Siap-siap Dipenjara Atau Dikenai Denda

Lainnya

Main di Rel KA, Santri Ponpes Ngalah Meninggal Dunia