Home / Berita

Selasa, 8 Agustus 2023 - 17:58 WIB

Sesuai Kajian Pakar, Lintasan Uji Praktek SIM Dirubah. Angka 8 dan Zig-zag Dihilangkan

PRAKTEK : Jalur ujian praktek SIM yang telah dirubah dan melalui kajian pakar.

BANGIL, titiksatu.com – Sirkuit baru dalam pengujian praktek SIM C mulai diberlakukan, Senin (7/8). Pada jalur baru itu, tidak ada lagi lintasan angka 8 dan zig-zag.

Karena keduanya telah dihapus. Kebijakan ini diberlakukan, untuk menindaklanjuti intruksi Kapolri. Serta sesuai arahan dan petunjuk dari Korlantas berkaitan dengan ujian praktek SIM yang terbaru.

Kasatlantas Polres Pasuruan, AKP Yudhi Anugrah Putra menguraikan, desain jalur uji praktek SIM yang baru ini, merupakan hasil kajian yang telah melibatkan sejumlah pakar. Perubahan tersebut dilakukan, sesuai petunjuk Korlantas Polri. Tujuannya tak lain, untuk memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga  Antisipasi Kekeringan, Pj. Bupati Lakukan Kunker ke SPAM di Desa Umbulan

Tentunya, tanpa mengurangi keselamatan dan keahlian dalam mengemudi. “Ada beberapa jalur yang mendapat evaluasi. Karena dianggap menyulitkan dan butuh penyesuaian dengan tidak mengesampingkan keselamatan dan keahlian dalam mengemudi,” ujar Yudhi.

Dalam lintasan baru itu, tidak ada lagi yang namanya jalur zig-zag ataupun angka 8. Semuanya dihilangkan. Sementara untuk angka delapan, telah digantikan dengan huruf S yang mengakomodir maneuver ke kanan dan ke kiri.

Baca Juga  Gelar TMMD ke 119 Pj Bupati Minta TNI Polri dan Pemda Bersinergi

Yudhi menegaskan, dalam sirkuit uji praktek SIM C itu, memuat sejumlah materi bagi pengendara roda dua. Lintasan lurus yang dimaksudkan untuk menguji keseimbangan dan kemampuan dalam pengereman.

Dilanjutkan dengan lintasan uji U trun. Fungsinya untuk mengetahui kemampuan pengendaran dalam menghindari hambatan. Kemudian ada uji tikungan kombinasi yang fungsinya untuk mengukur kemampuan pengendara dalam menguasai kendaraannya.

Terakhir, uji rem menghindar yang menyerupai lintasan huruf Y. Ujian ini dimaksudkan untuk memastikan kemampuan pengendara dalam menguasai kendaraannya ketika menghindari hambatan pada lintasan.

Baca Juga  Vonis Bos Tambang AT Diperberat. Segini Putusan Pengadilan Tinggi

“Sirkuit uji praktek SIM ini, sudah melalui kajian dan disesuaikan dengan kondisi di lapangan,” jelasnya.

Tentu, perubahan lintasan tersebut mendapat sambutan masyarakat. Novita, warga Pandaan misalnya. Ia mengaku senang, adanya perubahan tersebut. Karena, tidak lagi serumit lintasan sebelumnya.

“Terima kasih saya ucapkan kepada bapak Kapolri dan Kapolres Pasuruan. Karena ada evaluasi dan perubahan pada lintasan. Tadi saya sempat takut tidak lulus. Namun, Alhamdulillah sirkuit uji praktek SIM C sangat mudah hingga saya bisa lulus,” akunya. (and/rif)

Share :

Baca Juga

Berita

Hanya Hitungan Menit, Ratusan Takjil Polres Pasuruan Ludes Diserbu Warga

Berita

Santri Pembakar Junior di Pandaan, Dituntut 5 Tahun Penjara

Berita

Wow…Pemeliharaan Jalan Bisa Sedot Rp 10 Miliar

Berita

Terbukti Ngeruk Tanah Bulusari Secara Ilegal, AT Sang Bos Tambang Divonis Bersalah

Berita

Pecah Ban, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Pasuruan Kecelakaan

Berita

Mau Dilantik, Perangkat Desa di Kejayan Malah Dibui Gara-gara Nyolong Laptop dan Handphone

Berita

Klaim Tuntutan dan Dakwaan JPU Tidak Beralasan, Bos Tambang Minta Dibebaskan

Berita

Datangi Kompolnas dan Polri, Minta Usut Tuntas Mafia BBM Subsidi