Home / Wisata

Kamis, 24 Agustus 2023 - 17:52 WIB

Satu-satunya di Pasuruan, Bupati : Sumber Air Panas Wong Pulungan Bisa Jadi Icon Wisata

TINJAU : Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf saat meresmikan sekaligus meninjau wisata transit sumber air panas wong pulungan

GEMPOL, titiksatu.com – Wisata Transit Sumber Air Panas Wong Pulungan merupakan satu-satunya wisata air panas yang ada di Kabupaten Pasuruan. Wisata inipun digadang-gadang Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf untuk menjadi icon baru sektor wisata di Kabupaten Pasuruan.

Hal itu diungkapkan Gus Irsyad-sapaan Bupati Pasuruan, disela-sela peresmian Sumber Air Panas Wong Pulungan yang ada di Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol Rabu (23/8) malam. Menurut Gus Irsyad, wisata sumber air panas Wong Pulungan cukup iconik.

Desainnya yang bernuansa Kerajaan Majapahit, menjadikannya tampak berbeda dengan pemandian pada umumnya. Karena tampak seperti masuk di area kerjaan.

Nuansa itu ditambah dengan panorama yang indah. Apalagi lokasinya yang strategis. Berada di jalur Surabaya-Malang. Semakin menjadikan nilai plusnya.

Baca Juga  Kemplang Duit Tanah Makam, Eks Kades Rejoso Kidul "Dikandangkan"

“Kami yakin ke depan, wisata ini akan menjadi icon wisata di Kabupaten Pasuruan,” ungkapnya.

Gus Irsyad pun mengapresiasi pemerintah desa setempat yang konsen untuk mengembangkan wisata sumber air panas tersebut. Karena bagaimanapun, tak dipungkiri masih ada banyak hal yang perlu ditangani.

Seperti dengan penambahan destinasi wisata lainnya. Misalnya wahana khusus untuk anak-anak dan atraksi populer saat ini. Selain itu, ia juga merencanakan penyelenggaraan berbagai acara untuk menarik minat pengunjung.

Upaya ini ditempuh mengingat pengunjung tidak hanya tertarik pada pemandian air panas, melainkan mencari beragam pengalaman lain.

“Adakan acara-acara menarik secara rutin untuk menarik kunjungan, bahkan memungkinkan masyarakat mengadakan acara pribadi di sini. Selain itu, libatkan masyarakat dalam kegiatan yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, yang pada akhirnya akan memberi manfaat bagi UMKM setempat,” sarannya.

Baca Juga  Kapolda Jatim Cek Kondisi Obyek Wisata di Pasuruan, Salah Satunya Cimory Land, Begini Pesannya...

Berkaitan dengan pengelolaan, Gus Irsyad berharap agar pengelola secara bertahap memperbaiki fasilitas di dalam lokasi. Ia juga menekankan pentingnya promosi melalui media sosial agar wisata pemandian air panas ini semakin dikenal luas.

“Apakah sudah ada kehadiran di media sosial? Jika sudah, biarkan generasi muda yang mengelolanya. Ini adalah hal yang penting saat ini. Jika semua tindakan ini dijalankan, saya yakin wisata ini akan semakin terkenal,” imbuhnya.

Gus Irsyad juga memberikan pesan kepada pengelola wisata untuk menjaga kebersihan dan keamanan tempat ini, demi menjadikannya destinasi yang menarik bagi para pengunjung.

Kepala Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol, Didik Hartono memandang, hadirnya destinasi wisata baru ini berkat kerja keras dan gotong-royong masyarakat setempat. Seluruh warga telah ikut serta dalam pembangunan tempat wisata ini. “Terima kasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan,” singkatnya.

Baca Juga  Tingkatkan Keamanan dan Kenyamanan Saat Bulan Ramadan, Kapolres Pasuruan Gelar Sinergitas Bersama FKUB

Ia menguraikan, di kawasan setempat, tidak hanya menyajikan sumber air panas. Tetapi juga, taman kelinci. Di mana puluhan kelinci berkeliaran bebas. Pengunjung diberi kesempatan berinteraksi dengan kelinci, mulai dari memegang, mengelus, hingga memberi makan.

Tidak hanya itu, tersedia pula kolam terapi ikan yang memungkinkan wisatawan merendam kaki sambil menikmati keberadaan ikan di dalamnya. Ada pula banyak gerai UMKM yang dapat dikunjungi. Dengan tiket masuk yang terjangkau, hanya seharga Rp 20 ribu.

“Kami mengundang para wisatawan yang ingin berlibur untuk datang dan menikmati tempat ini,” ajaknya. (and/rif)

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Pemandian Banyubiru Belum Bisa Dibuka, PAD pun Susah

Wisata

Asik !!…Wahana Wisata Baru Taman Kelinci di Kepulungan, Resmi Diluncurkan

Wisata

Syukuran, Pemandian Sumber Air Panas Desa Kepulungan Diserbu Warga

Lainnya

Kapolda Jatim Cek Kondisi Obyek Wisata di Pasuruan, Salah Satunya Cimory Land, Begini Pesannya…

Wisata

Ditransformasi Jadi Wisata Edukasi, Kawasan UPA Sedot Miliaran Rupiah