Home / Berita

Kamis, 9 Maret 2023 - 19:13 WIB

Pulihkan Lahan Kritis, Galakkan Penanaman Pohon. Wujud Kontribusi Perusahaan Demi Cegah Bencana di Pasuruan

TANAM : Giat penanaman pohon di wilayah Gunung Arjuno yang dilakukan PT Indolakto Purwosari yang bekerja sama dengan Yayasan Satu Daun

PASURUAN, titiksatu.com – Kepedulian perusahaan untuk berperan aktif dalam melestarikan lingkungan semakin meningkat. Buktinya, keterlibatan dalam penanaman pohon untuk kelestarian alam terus digalakkan.

Hal ini seperti yang ditunjukkan PT Indolakto Purwosari. Sebanyak 4 ribu pohon ditanam di area lereng Gunung Arjuno. Giat penanaman ini sebagai bentuk keterlibatan perusahaan susu tersebut, dalam konservasi alam.

Aktivitas penanaman pohon itu terlaksana, berkat bekerjasama dengan Yayasan Satu Daun Kabupaten Pasuruan. Kegiatan konservasi ini digelar dalam rangka restorasi areal kritis. Serta keterlibatan dalam melestarikan lingkungan, sebagai bentuk kepedulian untuk keberlangsungan alam.

Baca Juga  Hanya Hitungan Menit, Ratusan Takjil Polres Pasuruan Ludes Diserbu Warga

Kegiatan tersebut disaksikan langsung oleh perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan, Perhutani, LMDH, Managemen PT Indolakto dan petani sekitar.

Menurut Yasman, HRGA Manager PT Indolakto Purwosari, penanaman 4 ribu pohon tersebut sengaja dilakukan di area lereng Gunung Arjuno tahun ini. Tepatnya di wilayah Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Hal ini bukan tanpa alasan. Karena kawasan setempat, termasuk lahan kritis.

“Kami melakukan penanaman pohon di atas lahan seluas kurang lebih 10 hektar. Ini merupakan langkah nyata dan berkelanjutan dari apa yang sudah kami lakukan di tahun-tahun sebelumnya,” ungkap Yasman, Kamis, (9/3/2024).

Baca Juga  Sel Diobok-obok, Ternyata Ini Barang yang Biasa Disimpan Tahanan

Ia menambahkan, giat penanaman ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan dalam melestarikan lingkungan, termasuk memulihkan lahan – lahan kritis. Ada pun jenis pohon yang ditanam, beragam. Yang pasti, jenis pohon yang mampu menopang serapan air tanah, dan bersifat mengikat tanah.

“Harapannya, agar tidak mudah terjadi erosi seperti mangium. Serta beberapa tanaman yang menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi untuk masyarakat,” jelasnya.

Dia berharap, melalui kegiatan konservasi lingkungan, perusahaan yang menaunginya itu, bisa memberikan sumbangsih kepada alam untuk membantu mengurangi resiko bencana. Baik tanah longsor hingga banjir serta menyusutnya sumber air bersih. Masyarakat juga dapat merasakan manfaat atas pohon yang ditanam perusahaan.

Baca Juga  Ternyata Bukan Vario, Inilah Deretan Motor Favorit Pencuri...Salah Satunya Bisa Jadi Milik Anda !!

“Kami memastikan, kegiatan ini akan berkelanjutan. Karena sudah menjadi komitmen kami, untuk memberikan sumbangsih dalam mencegah bencana dengan pemulihan lahan kritis,” imbuhnya.

Sekadar informasi, dari data yang didapatkan, lahan kritis di Kabupaten Pasuruan tahun 2022 ini sudah mencapai 9.800 hektar lebih. Lahan kritis itu menyebar di seluruh wilayah Pasuruan. Mulai dari hulu sampai ke hilir. Jika dibiarkan, akan memicu dampak kerusakan lingkungan yang parah.

Seperti terjadi kekeringan, mudah erusi permukaan, dan longsor. Karena itu, perlu ada penanganan dan intervensi agar tidak semakin meluas lahan kritis. (and/rif)

Share :

Baca Juga

Berita

Wakil Gubernur LIRA Jatim Apresiasi Festival Mebel Pasuruan Termurah. Alasannya Sungguh Menyentuh…

Berita

Sejumlah Ijin Tambang Dicabut, Masih Beroperasi. Dewan Minta Satpol PP dan Kepolisian Beri Tindakan

Berita

Digebuki, Terduga Pencurian Babak Belur Dimassa

Berita

Bupati Pasuruan Terlibat Program Redistribusi Tanah Tambaksari?

Berita

Makan Menu Kotakan, Sejumlah Wartawan “Keracunan”

Berita

Viral Pengantin Pria Diarak Naik Spon Menerjang Banjir, Faktanya Bikin Syok

Berita

Aksi Peduli PT Baramuda Bahari dan PT Mega Marine Pride, Patut Dipuji. Beri Bantuan Jelang Lebaran

Berita

Ngeri…Gadis SMP Kelas 3 Di Bangil Ini Disetubuhi Teman Sendiri. Kini Sampai Depresi