Home / Berita

Selasa, 4 Juli 2023 - 17:57 WIB

Pj Bupati Pasuruan Rentan “Orang Titipan”, Aktivis Siap Hadang

Ilustrasi (internet)

PASURUAN, titiksatu.com – Masa tugas Bupati Pasuruan, berakhir September 2023 mendatang. Namun, rumor tak sedap mulai bermunculan.

Ada isu pemaksaan kehendak, untuk menempatkan seseorang sebagai Penjabat (Pj) Bupati. Bila benar, “orang titipan” yang akan berkuasa pada masa transisi tahun politik itu, dikhawatirkan menjadi pelayan kepentingan The Good Father.

Kemungkinan itupun, memicu gejolak di kalangan aktivis NGO Kabupaten Pasuruan. Mereka mengingatkan, agar Pj Bupati Pasuruan yang diusulkan harus orang yang berintegritas dan bebas kepentingan politik maupun motif ekonomi.

Baca Juga  Bikin Terenyuh, Korban Begal Rembang Dihadiahi Motor oleh Ketua Dewan

Direktur Pusat Studi dan Advokasi Kebijakan (Pusaka), Lujeng Sudarto mengingatkan, Pj Bupati Pasuruan yang ditunjuk nantinya, tidak hanya sekedar memiliki kepantasan jabatan. Namun juga harus mempertimbangkan kapabilitas serta rekam jejak karir birokrasinya.

“Kami menemukan sinyalemen adanya pihak tertentu yang memaksakan untuk menempatkan orangnya sebagai calon PJ Bupati Pasuruan. Kepentingannya jelas, untuk mengkooptasi OPD dan mengintervensi pengadaan dan jasa,” ungkap Lujeng Sudarto.

Untuk itulah, ia akan menggalang kekuatan dari kalangan aktivis di Kabupaten Pasuruan. Hal ini dimaksudkan, sebagai upaya menghadang pemaksaan kehendak tersebut.

Baca Juga  Humas CV Wahyu Putra : Kami Tidak Pernah Dianggap Ada

Ia dan rekan-rekan NGO, akan meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyeleksi secara ketat calon Pj Bupati Pasuruan. Sehingga penunjukan Pj Bupati Pasuruan nantinya, didasarkan atas kompetensi dan integritas yang dimiliki.

“Proses penunjukan Pj Bupati Pasuruan harus diawasi. Agar tidak diintervensi oleh kekuatan politik atau pihak-pihak manapun. Satu tahun jabatan PJ Bupati itu dalam masa transisi, rentan untuk dimanipulasi kekuatan politik manapun untuk mendapatkan political benefit  serta rente ekonomi dalam pengadaan barang dan jasa,” tuding Lujeng.

Baca Juga  Majelis Syari’ah PPP Kabupaten Pasuruan, Tak Ketinggalan Doakan Mas Dion Jadi Bupati Pasuruan

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Andri Wahyudi memandang, pihaknya juga memiliki hak untuk mengusulkan calon Pj Bupati Pasuruan. Menurutnya, pejabat di Pemkab Pasuruan juga bisa diusulkan untuk menduduki jabatan tersebut.

“DPRD bisa mengusulkan nama-nama sebagai calon PJ Bupati Pasuruan. Tentu, dengan kepangkatan yang memenuhi persyaratan. Penentunya ada di Kemendagri,” ulasnya. (and/rif)

 

Share :

Baca Juga

Berita

Jelang Puasa, Mbak-Mbak Tretes Dirazia

Berita

Waspada! BPBD Beri Peringatan. Ancaman Bencana Masih Beresiko Lama

Berita

Gema Sholawat Bersama, Bos PT Cesa Sampai Berlinang Air Mata

Berita

Kades Bersama Aparatur Desa Datangi Kantor Dinas SDA, Ada Apa?

Berita

Pabrik Jok di Gerongan Didemo, Ini Pemicunya

Berita

PAD Retribusi Sampah Ditarget Naik, Tapi Hanya Segini…
Kunker : PJ Bupati Andriyanto lakukan peninjauan stok air di SPAM Umbulan, Winongan, Kabupaten Pasuruan

Berita

Antisipasi Kekeringan, Pj. Bupati Lakukan Kunker ke SPAM di Desa Umbulan

Berita

Kursi Jabatan Dirombak, Ini Daftar Pejabat Baru Di Lingkungan Pemkab Pasuruan. Awas Jangan Keliru..!!