Home / Hukum & Kriminal

Rabu, 16 November 2022 - 18:17 WIB

Jutaan Batang Rokok Ilegal Dibakar

BAKAR : Forpimda Kabupaten Pasuruan saat memusnahkan rokok-rokok ilegal di KPPBC Tipe Madya Pabean A Pasuruan, Rabu (16/11).

PASURUAN, titiksatu.com – Jutaan batang rokok illegal dimusnahkan. Pemusnahan itu dilakukan dengan cara dibakar.

Pemusnahan tersebut sebagai bukti, keseriusan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean A Pasuruan dalam memerangi rokok-rokok illegal

Kegiatan pemusnahan tersebut berlangsung Rabu (16/11). Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean A Pasuruan, Hanan Budiharto menjelaskan, pemusnahan rokok-rokok ilegal tersebut sebagai bukti, keseriusan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean A Pasuruan dalam memerangi rokok-rokok illegal. Barang milik negara yang dimusnahkan, merupakan penindakan tahun 2020 dan 2021. Selama itu, ada 169 kasus yang ditindak.

Baca Juga  Kelakuan Para ABG Bikin Miris, Pesta Miras Bersama Gadis-gadis

Di mana, ada sebanyak 23.079.875 batang rokok illegal berhasil diamankan. Serta, 1.800 botol MMEA berbagai merek Dan 970.875 keping pita cukai illegal yang turut diamankan. Dari situ, KPPBC Tipe Madya Pabean A Pasuruan berhasil mengamankan potensi kerugian negara hingga Rp 18,5 miliar.

Baca Juga  Markas Bos Bengkel Warungdowo Digeledah, Ini Sebenarnya Yang Dicari

Sebagian sudah dimusnahkan terlebih dahulu. Sementara, sebanyak 5.570.432 batang rokok jenis SKM, 3.104 batang rokok SKT, 17.200 batang rokok SPM, 98 botol MMEA dan 143 keping pita cukai illegal yang dimusnahkan kemarin (16/11).

Hanan menambahkan, untuk tahun 2022, KPPBC Tipe Madya Pabean A Pasuruan berhasil menindak sebanyak 114 kasus. Di mana, ada sebanyak 11.955.698 batang rokok, 2.730 botol MMEA berbagai merek serta 332.431 gram TIS atau tembakau iris dengan nilai barang Rp 13 miliar. Di mana, dari jumlah itu, potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan mencapai Rp 9,5 miliar.

Baca Juga  Pesta Miras Berujung Celaka, Tujuh Meninggal, Tiga Sekarat

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf menguraikan, keberadaan rokok illegal, tidak hanya merugikan negara. Tetapi juga pengusaha rokok legalnya. Karena itu, pemberangusan terhadap rokok illegal perlu dilakukan. (and/rif)

Share :

Baca Juga

Hukum & Kriminal

Bikin Gerah, PUS@KA dkk, Laporkan Pencemaran Sungai Welang Ke DLH Jatim

Hukum & Kriminal

Bareskrim Polri Serahkan Tersangka Bos Tambang Ilegal di Bulusari ke Kejaksaan

Berita

Tuntun Motor Orang, Dicat, Bawa ke Ladang, Eh…Ketahuan

Hukum & Kriminal

Giliran Kaki Tangan Anggota Legislatif Jadi Tersangka Kasus BOP Kemenag RI

Berita

Astaghfirullah, Seorang Ustad di Kecamatan Beji, Tega Berbuat Seperti Ini Pada Santri Perempuannya

Hukum & Kriminal

Parah…Gara-gara Sakit Hati, Mobil Mertua Dicuri

Hukum & Kriminal

Cleopatra Cantik Asal Sukorejo Ini Berakhir Tragis, Usai Cari Cuan dengan Cara Telanjang di Media Sosial

Berita

Waduh, Terima Dana BOP, Anggota Dewan Ini Diperiksa Kejaksaan