Home / Hukum & Kriminal

Sabtu, 12 Februari 2022 - 16:34 WIB

Beragam Modus Aksi Pencuri Motor, Awas Jangan Sampai Dikelabui !

Ilustrasi

PASURUAN, titiksatu.com – Maraknya aksi pencurian motor belakangan terakhir jelas mengkhawatirkan. Apalagi, para pelaku bisa dengan cepat melancarkan aksi, sehingga nyaris tanpa jejak.


Tak peduli di tempat keramaian. Para pelakunya bisa dengan mudah beraksi. Mereka memang dibekali tekhnik tinggi, untuk bisa berhasil dalam menggarong motor sasaran. 


Lalu apa saja modus yang mereka lakukan agar bisa sukses menjalankan misi? Seorang pelaku pencurian yang saat ini sedang menjalani hukuman di salah satu tahanan negara, menceritakan metode dalam beraksi. 


Sebut saja dia Om Jack. Om Jack sudah berulang kali menggarong motor orang. Bahkan ia juga bolak-balik masuk tahanan. Pengalamannya dalam beraksi tak boleh diragukan. 

Baca Juga  Mundur Jadi Calon Kepala Desa, Siap-siap Dipenjara Atau Dikenai Denda


Om Jack mengaku, metode dalam beraksi, tidaklah sama. Tergantung situasi dan tempat dalam melakukan eksekusi. 
Misalnya, ketika melancarkan aksi di area perkampungan. Ia akan menyusuri gang-gang untuk mencari sasaran. Agar tidak ketahuan, ia akan berpura-pura sebagai pedagang atau sales. 


Begitu mendapati sasaran, ia akan melakukan pemantauan. Pemantauan dilakukan, untuk memastikan, situasi aman. Begitu diyakini situasi terkendali, ia pun beraksi. 


Mulanya, ia akan merusak kunci gembok, jika memang rumah korban ada pagar yang bergembok. Gembok itu akan dirusak, dengan alat yang dibawa. Entah itu kawat ataupun linggis kecil untuk mencongkel. 

Baca Juga  Kompak Gondol Dua Ayam Jago, Dua Sekawan Lepas Dari Tahanan. Begini Alasan Polisi


Setelah dibuka, ia akan masuk area teras, jika motoe tersebut ditaruh di teras. Selanjutnya, ia akan membuka tutup kunci dengan alat sederhana. Menggunakan mika yang telah dipasangi magnet. Begitu terbuka, kunci T pun ditancapkannya pada kontak. Kontak dirusak dan begitu motor nyala, ia tinggal kabur menggondolnya.


Beraksi di perumahan, biasanya tak berlangsung lama. Hanya butuh waktu tak sampai satu menit, untuk mengeksekusi motor korban.


Lebih mudah lagi, ketika harus mengeksekusi motor yang berada di toko-toko modern, seperti Indomaret, Alfamart atau Basmalah dan yang lainnya. 

Baca Juga  Bikin Gerah, PUS@KA dkk, Laporkan Pencemaran Sungai Welang Ke DLH Jatim


Ia tak menjadi masalah ketika ada orang di sekitarnya. “Tinggal berpura-pura kayak orang kerja. Duduki motor yang menjadi sasaran, dan langsung eksekusi,” akunya.


Bang Jack menuturkan, ia akan berpura-pura seperti seorang pekerja. Berpakaian rapi, sehingga tidak dicurigai. Saat melihat sasaran, ia akan mengamati. Begitu dirasa aman, langsung dieksekusi. 


Dalam beraksi di toko modern, biasanya ia tidak sendirian. Bisa berdua. Bahkan berempat. Ada yang bertugas memantau situasi. Ada pula yang mengeksekusi. 
“Kalau berempat lebih enak. Bisa dapat dua motor sekaligus,” tandasnya. (and/rif)

Lalu, bagaimana agar terhindar dari aksi pencurian? Tunggu edisi berikutnya…

Share :

Baca Juga

Hukum & Kriminal

Begini Cara Aman Dari Pencurian Motor. Dijamin Pelakunya Keder.

Hukum & Kriminal

Bareskrim Polri Serahkan Tersangka Bos Tambang Ilegal di Bulusari ke Kejaksaan

Hukum & Kriminal

Divonis Bersalah, Santri Pembakar Juniornya Diputus 5 Tahun Penjara

Hukum & Kriminal

Proyek Urukan Lahan Lapas Terintegrasi Digarap. Pastikan dari Tambang Galian C yang Legal

Berita

Buronan Rudenim Surabaya, Ditangkap Saat Urus Pasport

Hukum & Kriminal

Ramadan, Mbak-mbak Tretes, Masih “Jualan”

Hukum & Kriminal

Keok di Pengadilan Tinggi, Juragan Sirtu Bulusari Bebas. Jaksa : PT Bukan Akhir Segalanya, Masih Ada MA

Hukum & Kriminal

Delapan Orang Jadi Tersangka BOP Kemenag Kabupaten Pasuruan